Pemberian, Penolakan, Pemeliharaan, Penangguhan, Pemulihan, dan Pencabutan Sertifikasi

PT. MSA Certification dalam menjalankan proses sertifikasi, diantaranya mengelola proses-proses pemberian, penolakan pemeliharaan, pembaharuan, perluasan, pengurangan, penangguhan, serta pencabutan sertifikasi.

Proses

Ketentuan

Pemberian dan Penolakan Sertifikasi (granting and refusing)

Sertifikasi diberikan setelah proses audit telah diselesaikan dan  pengambil keputusan sertifikasi menyetujui untuk diberikannya sertifikasi sesuai rekomendasi tim audit yang tertuang di laporan audit, serta diterbitkannya sertifikat registrasi. 

Sertifikasi tidak dapat diberikan / ditolak bila tidak direkomendasikan oleh tim audit dan/atau pengambil keputusan sertifikasi menolak memberikan sertifikasi. Alasan penolakan tersebut dikomunikasikan ke klien.

Sertifikasi berlaku 1 (satu) siklus sertifikasi, yaitu 3 (tiga) tahun, namun sertifikat registrasi diterbitkan setiap tahun untuk memastikan klien memelihara/mempertahankan sertifikasinya melalui audit survailen.

Pemeliharaan Sertifikat (maintaining)

Sertifikat dapat dipertahankan atau dipelihara melalui audit survailen yang dilakukan secara periodic/berkala, minimal setahun sekali

Pembaharuan Sertifikat (renewing)

Sertifikat dapat diperbaharui setelah siklus masa berlaku sertifikat berakhir melalui audit pembaharuan / sertifikasi ulang (renewal)

Perluasan Ruang Lingkup Sertifikatsi(expanding)

Perluasan ruang lingkup sertifikasi dapat dimohonkan oleh klien dan sertifikat perubahan dapat diterbitkan setelah dilakukan audit atas perluasan ruang lingkup yang dimohonkan dan disetujui oleh pengambil keputusan sertifikasi sertifikasi

Pengurangan Rung Lingkup Sertifikasi (reducing)

Pengurangan ruang lingkup sertifikasi juga dapat dimohonkan oleh klien dengan menjelaskan alasan yang dapat diterima dan memenuhi persyaratan

Penangguhan Sertifikat (suspending)

Status sertifikasi ditangguhkan bila :

-    Sistem manajemen milik klien gagal memenuhi persyaratan sertifikasi, misal gagal menunjukkan efektivitas sistem manajemennya,

-    Klien tidak bersedia dilakukannya audit surveilen atau resertifikasi sesuai periode/frekuensi yang diperyaratkan,

-    Klien secara sukarela meminta dilakukannya penangguhan,

-    Bilamana tidak menerapkan standar baru yang telah berubah,

-    Melanggar penggunaan tanda sertifikasi dan/atau akreditasi,

-    Melanggar kontrak atau perjanjian sertifikasi,

-    Bilamana memberi informasi dan dokumen palsu selama proses audit,

-    Bilamana menyebabkan masalah sosial yang serius.

Pemulihan Sertifikat (restoring)

Pemulihan terhadap sertifikat yang ditangguhkan dapat dilakukan bila penyebab penanguhan dapat dihilangkan atau diselesaikan

Pencabutan Sertifikat (withdrawing)

Pembatalan sertifikasi dilakukan bila :

-    Tidak ada perbaikan setelah 6 bulan masa penangguhan sertifikasi terlewati,

-    Bilamana klien mengajukan pembatalan sertifikasi secara tertulis,

-    Bila klien menerima 2 (dua) kali penangguhan dalam masa berlaku sertifikasi,

-    Bila klien tidak dapat menopang sertifikasinya karena bangkrut,

-    Bila sistem manajemen yang diterapkan di luar ruang lingkup sertifikasinya.

Penolakan Permohonan Sertifikasi (refusing)

Penolakan terhadap permohonan sertifikasi awal atau sertifikasi ulang atau perubahan ruang lingkup sertifikasi dilakukan bila :

-   PT. MSAC tidak memiliki kompetensi untuk memenuhi permohonan tersebut,

-   Klien tidak bersedia memenuhi persyaratan atau perjanjian sertifikasi