Sertifikasi PPIU

Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) adalah Biro Perjalanan Wisata yang telah mendapat ijin operasional dari Menteri Agama RI untuk menyelenggarakan perjalanan umrah.

Dalam rangka  meningkatkan pelayanan dan perlindungan kepada Jemaah Umrah dan pengawasan terhadap kinerja dan kualitas PPIU, Kementerian Agama RI menetapkan skema sertifikasi PPIU melalui Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia No. 8 Tahun 2018 tentang Penyelenggaraan Perjalanan Ibadah Umrah. Dalam peraturan ini ditetapkan bahwa PPIU wajib diakreditasi (sertifikasi) oleh lembaga yang ditunjuk oleh Direktur Jenderal Kementerian Agama, dengan masa berlaku sertifikasi 3 tahun

Sertifikasi PPIU dilakukan oleh Lembaga (LSPPIU) yang kompeten, tidak memihak, bertanggung jawab, terbuka, responsif terhadap keluhan, dan memiliki pendekatan terhadap risiko, serta mengacu pada  SNI ISO/IEC 17065:2012, SK Dirjen PHU No. 337 Tahun 2018 tentang Pedoman Akreditasi, dan persyaratan lainnya yang berlaku.

PT. MSA Certification sebagai Lembaga Sertifikasi PPIU (LSPPIU) menetapkan biaya sertifikasi kepada klien yang mencakup  : biaya sertifikasi awal, biaya survailen (bila berlaku), dan biaya sertifikasi ulang. Biaya tersebut terdiri dari biaya administrasi dan man-days kegiatan evaluasi/audit.

Jumlah man-days kegiatan evaluasi/audit ditetapkan berdasarkan jumlah jamaah umrah yang diberangkatkan oleh PPIU dalam 3 tahun terakhir, sebagaimana table berikut :


Jumlah Jamaah                Sertifikasi Awal         Survailen        Sertifikasi Ulang


1 ~ 999                                   1.5                              0.5                       1

1000 ~ 4999                          2                                 0.5                       1.5

5000 ~ 9999                          2.5                              1                          2

Di atas 100000                      3                                 1                          2.5