Sample Sidebar Module

This is a sample module published to the sidebar_top position, using the -sidebar module class suffix. There is also a sidebar_bottom position below the menu.

Sample Sidebar Module

This is a sample module published to the sidebar_bottom position, using the -sidebar module class suffix. There is also a sidebar_top position below the search.
Pemberian, Penolakan, Pemeliharaan, Penangguhan, Pemulihan, dan Pencabutan Sertifikasi

PT. MSA Certification dalam menjalankan proses sertifikasi, diantaranya mengelola proses-proses pemberian, penolakan pemeliharaan, pembaharuan, perluasan, pengurangan, penangguhan, serta pencabutan sertifikasi.

 

Proses Ketentuan
Pemberian  dan Penolakan Sertifikasi (granting and refusing)

Sertifikasi diberikan setelah proses audit telah diselesaikan dan  pengambil keputusan sertifikasi menyetujui untuk diberikannya sertifikasi sesuai rekomendasi tim audit yang tertuang di laporan audit, serta diterbitkannya sertifikat registrasi. 

Sertifikasi tidak dapat diberikan / ditolak bila tidak direkomendasikan oleh tim audit dan/atau pengambil keputusan sertifikasi menolak memberikan sertifikasi. Alasan penolakan tersebut dikomunikasikan ke klien.

Sertifikasi berlaku 1 (satu) siklus sertifikasi, yaitu 3 (tiga) tahun, namun sertifikat registrasi diterbitkan setiap tahun untuk memastikan klien memelihara/mempertahankan sertifikasinya melalui audit survailen.

Pemeliharaan Sertifikasi (maintaining) Sertifikasi dapat dipertahankan atau dipelihara melalui audit survailen yang dilakukan secara periodik/berkala, minimal setahun sekali
Pembaharuan Sertifikasi (renewing) Sertifikasi dapat diperbaharui setelah siklus masa berlaku sertifikasi berakhir melalui audit pembaharuan / sertifikasi ulang (renewal)
Perluasan Ruang Lingkup Sertifikat (expanding) Perluasan ruang lingkup sertifikasi dapat dimohonkan oleh klien dan sertifikat perubahan dapat diterbitkan setelah dilakukan audit atas perluasan ruang  lingkup yang dimohonkan dan disetujui oleh pengambil keputusan sertifikasi sertifikasi
Pengurangan Ruang Lingkup Sertifikasi (reducing) Pengurangan ruang lingkup sertifikasi juga dapat dimohonkan oleh klien dengan menjelaskan alasan yang dapat diterima dan memenuhi persyaratan
Penangguhan Sertifikasi (suspending) Status sertifikasi ditangguhkan bila :

-    Sistem manajemen milik klien gagal memenuhi persyaratan sertifikasi, misal gagal menunjukkan efektivitas sistem manajemennya,

-    Klien tidak bersedia dilakukannya audit surveilen atau resertifikasi sesuai periode/frekuensi yang diperyaratkan,

-    Klien secara sukarela meminta dilakukannya penangguhan,

-    Bilamana tidak menerapkan standar baru yang telah berubah,

-    Melanggar penggunaan tanda sertifikasi dan/atau akreditasi,

-    Melanggar kontrak atau perjanjian sertifikasi,

-    Bilamana memberi informasi dan dokumen palsu selama proses audit,

-    Bilamana menyebabkan masalah sosial yang serius.

Pemulihan Sertifikasi (restoring) Pemulihan terhadap sertifikasi yang ditangguhkan dapat dilakukan bila penyebab penangguhan dapat dihilangkan atau diselesaikan
Pencabutan Sertifikasi (withdrawing)

Pembatalan sertifikasi dilakukan bila :

-    Tidak ada perbaikan setelah 6 bulan masa penangguhan sertifikasi terlewati,

-    Bilamana klien mengajukan pembatalan sertifikasi secara tertulis,

-    Bila klien menerima 2 (dua) kali penangguhan dalam masa berlaku sertifikasi,

-    Bila klien tidak dapat menopang sertifikasinya karena bangkrut,

-    Bila sistem manajemen yang diterapkan di luar ruang lingkup sertifikasinya.

Penolakan Permohonan Sertifikasi (refusing)

Penolakan terhadap permohonan sertifikasi awal atau sertifikasi ulang atau perubahan ruang lingkup sertifikasi dilakukan bila :

-   PT. MSAC tidak memiliki kompetensi untuk memenuhi permohonan tersebut,

-   Klien tidak bersedia memenuhi persyaratan atau perjanjian sertifikasi